Cat akrilik berbasis air tersusun dari partikel-partikel yang menyebar dalam elmusi polimer akrilik.
KOMPONEN CAT AKRILIK
Pigmen,
Materi kering berbentuk bubuk yang tidak larut dan tetap tersuspensi ketika di campur dengan elmusi polimer akrilik. Jenis pigmen bisa organik, non organik, alami, dan sintetis. Pigmen hanya memiliki sedikit atau sama sekali tidak memiliki afinitas (kesamaan struktur maupun karakter) dengan permukaan tempat pigmen itu diaplikasikan.
Sarana
Gabungan antara air dan polimer akrilik yang menciptakan emulsi polimer. Setelah air meninggalkan sistem melalui penguapan atau penyerapan, cat akan mengering dan menciptakan lapisan stabil yang mengikat partikel-partikel pigmen.
Pengikat
Polimer akrilik tanpa air. Pengikat memberikan karakteristik penanganan dan ketahanan cat.

DEFINISI
Polimer
adalah rantai kimia panjang yang tersusun dari molekul-molekul yang lebih kecil dan serigkali identik. Jika tersusun sepenuhnya, polimer memiliki potensi semakin bertambah kekuatan dan stabilitasnya karena mempertahankan struktur yang sangat teratur. Hasil akhir lapisan cat akrilik, tersusun dari struktur polimer stabil yang mengikat pigmen pada tempatnya.
Elmusi
Capuran antara air dan polimer akrilik. Elmusi adalah campuran stabil dari komponen-komponen yang secara normal tidak bercampur baik. (misalnya air dan minyak bisa dicampur, tapi masih akan berpindah dan memisahkan diri). Pengelmusi kimia ditambahkan utuk memaksa air dan polimer aklirik untuk membentuk capuran yang stabil, hingga menguap atau terserap.

nanti akan dilanjut pada CARA KERJA AKRILIK
Sebagai pengetahuan dasar jangan sekadar menggunakan tapi nggak mengerti apa itu Akrilik, ini cat dahsyat loh.
untuk informasi pembelian cat akrilik dan harga silahkan klik acrylicpainting
diambil dari buku berjudul:”The Acrylic Book” : sumber komprehensif untuk seniman.
(by liquitex)

About these ads