melukis dengan 2-3 kuas sekaligus


terlihat sangat sulit ya?
menyapukan kuas dengan 3 buah kuas secara bergantian. belum lagi harus memutarkan kuas sesuai goresan yang kita inginkan.
saya malah lagi melatih tangan kiri saya untuk melakukan hal yang sama, jadi ada 6 buah kuas sekaligus untuk melukis.
ini baru tekniknya belum lagi mixing warna.
“takkan pernah bisa, jika kita belum mencoba, tapi cobalah sesuatu yang terlihat sulit menjadi mudah, biarkan orang lain berkata “mana mungkin”, lakukan dan bungkam mulut mereka dengan keberhasilan”.
seperti mesin printer 4 warna yang secara bergantian atau bersama-sama, anggap saja kuas pertama warna cyan, kuas kedua magenta dan kuas ketiga yellow.
saya tidak menggunakan warna hitam dalam melukis, saya gunakan warna gelap dengan mixing warna saja.
atau kita bisa gunakan warna RGB. kuas pertama red, kuas kedua green, dan kuas ketiga blue. gunakan tangan satunya lagi untuk warna kuning.
ide melukis seperti ini mungkin karena saya pernah berkecimpung didunia sablon hampir 5 tahun, dengan basis oil. jadi saya buat sablon dengan raster halus, kalau anda lihat cover ban (penutup ban mobil), stiker besar pada standing board (uk. gambar 170 x 60 cm), dan juga flagchain yang kalau di warung bergelantungan dan juga x-banner.
dulu sebenarnya saya punya ide menggunakan dot (raster) warna pada sablon untuk melukis, itu kira-kira tahun 2003, tapi ternyata sudah ada pelukis nya menggunakan teknik tersebut, (di fb saya ada pelukisnya), padahal dia menggunakan teknik itu sekitar tahun 2005-2006. luar biasa juga tuh pelukis bikin lingkaran (dot/polkadot) satu demi satu, dengan menggunakan warna transparant seperti kalau kita menyatukan empat buah film (raster sablon) jadi satu maka akan terbentuk gambar.

2 thoughts on “melukis dengan 2-3 kuas sekaligus

  1. yang nulis artikel ini lagi gendeng, lagi cari yang belum ada di muka bumi, katanya.
    ya satu kuas aja dulu sampai mahir, kalau saya sudah bosen, tiap hari gambar terus….. jadi cari hal untuk menghilangkan kebosanan, eh malah jadi teknik. mudah2an ini yang pertama di dunia. kalo ada yang tahu (udah pake teknik ini) konfirmasi ke saya ya? terima kasih atas komentarya. salam dari depok untuk urang bandung. kalo dekat dengan ujung berung salam buat kang deni dan isteri.

    Suka

Tinggalkan Balasan

