imaji nusantara


GALERI Nasional Indonesia (GNI) kembali menggelar perhelatan dua tahunan, yakni Pameran Nusantara. Menurut Direktur GNI, Tubagus “Andre” Sukmana, untuk Pameran Nusantara 2011 ini akan menjumput tema “Imaji Ornamen”. Tema ini diajukan demi menantang banyak seniman di Indonesia untuk kembali menengok akar tradisi yang ada di sekitarnya, dan sekaligus mengelola akar tersebut secara lebih kreatif dengan memperhatikan konteks jaman yang lebih mutakhir. Pameran Nusantara 2011 ini sendiri, rencananya akan berlangsung pada 19-29 Mei 2011. untuk detailnya silahkan berkunjung ke Kuss-Indarto

Mengajak keluarga berkunjung ke Pameran Seni Rupa, merupakan salah satu sarana rekreasi yang belum banyak diminati oleh sebagian besar keluarga masyarakat Indonesia. Mengapa ya?

Kecintaan terhadap seni rupa khususnya dapat meningkatkan daya kreatifitas yang tertanam dalam otak kanan manusia, sehari-hari kita selalu di jejali oleh pekerjaan yang kebanyakan menggunakan otak kiri. Nah! untuk menyeimbangkan kedua belah otak kita, tidak ada salahnya anda bisa berkunjung ke pameran-pameran seni rupa.

Kita khususnya para orangtua suka mengingkutsertakan anak mereka pada lomba-lomba seni rupa seperti: lomba melukis, menggambar, mewarnai dan lain-lain, tetapi jarang sekali (bahkan tidak pernah) mengajak mereka untuk melihat acara-acara pameran seni rupa, padahal dengan melihat karya seniman-seniman yang telah profesional merupakan tempat pembelajaran bagi mereka untuk mengenal lebih jauh lagi dan membuka wawasan berpikir serta mengembangkan imajinasi yang lebih dalam. Maka jangan salahkan anak kalau menggambar biasanya bentuknya hampir rata-rata sama, biasanya mencontek dari anak- yang lebih besar. Seperti anak saya misalnya gambarnya seperti teman-temannya dan biasanya dia melihat dari salah satu anak yang lebih besar.Tapi dengan melihat ke pameran, saya dan khususnya anak dapat lebih tahu dan berkembang daya pikir imajinasinya di luar spektrum tempat dia bermain.

Melihat pameran Seni Rupa juga bukan untuk sekadar agar anak pandai menggambar (melukis), saya tahu sebagian besar masyarakat Indonesia masih memandang remeh terhadap kesenian yang satu ini, orangtua biasanya tidak mengharapkan anaknya menjadi seniman. Akan tetapi menghadiri pameran seni rupa lebih jauh adalah mengembangkan imajinasi kreatifitasnya dalam berpikir untuk dapat di gunakannya ketika iya telah menemukan bakatnya masing-masing. Karena setiap manusia mempunyai potensi bakat yang berbeda-beda dan memang sudah menjadi ketentuan Tuhan bahwa “tiap-tiap manusia sudah di tentukan takdirnya”. dan biasanya setiap temuan itu awalnya dari imajinasi (otak kanan) yang kemudian akan di kalkulasikan oleh otak kiri (layakkah imajinasi ini di eksplor sehingga bisa diterapkan). contohya ketika manusia berkeinginan terbang? kalau ini cari sendiri dah! kalau nggak salah satu lukisan karya Leonardo da vinci ada tuh!

Ya mbok sekali-kali ke pameran seni rupa, jangan ke tempat rekreasi melulu, rasakan deh bedanya!

Intinya memaksimalkan fungsi dua belah otak kita itu yang terpenting, hanya pintar di otak kiri saja tapi yang kanan bebal tak punya RASA dan KREATIFITAS. Contohnya seperti yang terjadi di negeri ini! banyak orang pintarnya tapi sayang tak punya rasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s