cara menentukan koefisien


dalam  pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada bidang konstruksi atau bangunan, yang paling rumit adalah cara menentukan koefisien atau angka indeks untuk mandapatkan harga analisa harga satuan pekerjaan (AHSP).

kalau kita telusuri kebanyakan yang kita temukan adalah koefisien atau angka indeks untuk bangunan struktur sementara harga indeks untuk pekerjaan arsitektur dan mekanikal/elektrikal sangat sulit di peroleh.

pada dasarnya nilai koefisien atau angka indeks hampir sama dengan pekerjaan struktur, seperti kita ketahui bahwa angka indeks atau koefisien sangat menentukan dalam pembuatan RAB itu lebih realis atau hanya sekadar copy paste saja dari pekerjaan-pekerjaan terdahulu.

angka indeks atau koefisien dapat di peroleh melalui :

1. analisa BOW

2. analisa SNI

3. analisa pengalaman lapangan

dari ketiga analisa ini yang paling realis atau mendekati kebenaran adalah analisa sni dan analisa lapangan.

untuk analisa sni kita dapat memperolehnya melalui situs resmi di BSN (Badan Standardisasi Nasional), sementara untuk analisa lapangan merupakan kecakapan dari QS (Quality Surveyor) dalam menilai suata pekerjaan, tenaga, bahan, produktifitas kerja, wilayah kerja, cakupan atau ruang lingkup pekerjaan, penyusutan alat dll yang di rangkum atau di komparasikan sehingga membentuk menjadi nilai yang wajar untuk menentukan angka indeks atau koefisien.

dengan bantuan komputer (excel) akan lebih mudah dalam menentukan nilai koefisien atau angka indeks tersebut. dan juga dengan di buat formula pada excel akan mempercepat proses penentuan analisa satuan pekerjaan. kita hanya sekadar mengganti harga upah, bahan dan alat dan otomatis hasil analisa satuan pekerjaan sudah dapat diperoleh dengan cepat.

kebetulan saya bekerja pada salah satu konsultan, awalnya hanya drafter kemudian coba-coba ikutan nimbrung jadi QS eh… malah jadi ketagihan. sepertinya tidak sesulit yang saya duga. dengan pengalaman diproyek jadi lebih mudah.

saya coba buat formula untuk seluruh bidang pekerjaan mulai dari struktur, arsitektur dan mekanikal/elektrikal/elektronik. hanya saja masih dalam tahap proses pengumpulan data harga bahan dan spesifikasinya juga alat-alat bantu yang dibutuhkan untuk setiap jenis pekerjaan. bisa lihat di sini

tapi sebaiknya dalam mendapatkan nilai angka indeks atau koefisien tadi di perkiraan atau disesuaika dengan kondisi dimana anda atau wilayah yang anda akan kerjakan, karena nilainya akan berbeda-beda tergantung pengalaman anda dan lain-lain yang terlibat dalam rumusan untuk menentukan nilai angka indeks atau koefisien.

selamat menganalisa semoga sukses!

 

 

3 thoughts on “cara menentukan koefisien

  1. Semangat Pagi dan Salam Sukses untuk Handoko Aji, Souvenir Bambu datang berkunjung untuk menjalin persaudaraan dan silaturahmi.

    Semoga makin dilancarkan dan dimudahkan usahanya serta dibuka pintu rejekinya.

    Mau cari Produk Sepatu Lukis yang mantab dan hebat, ada di https://handokoaji.wordpress.com/

    Butuh Souvenir, handicraft, kerajinan bambu, souvenir bambu, celengan bambu, tempat pensil bambu, vas bunga bambu ? Kunjungi saja di
    http://souveniretnik.blogspot.com/

    Terima kasih, salut dan makin berjaya untuk Handoko Aji

    Dari Souvenir Bambu, 0852 3330 4422,
    http://souveniretnik.blogspot.com/

    Suka

  2. saya coba buat formula untuk seluruh bidang pekerjaan mulai dari struktur, arsitektur dan mekanikal/elektrikal/elektronik. hanya saja masih dalam tahap proses pengumpulan data harga bahan dan spesifikasinya juga alat-alat bantu yang dibutuhkan untuk setiap jenis pekerjaan. bisa lihat di sini
    ini link nya gk ada mas, dibuka tapi yang lain keluarnya….mohon ditindaklanjuti soalnya saya sedang mendalami analisa BOW mas…
    terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s