Membuat Worksheet Analisa Satuan Pekerjaan


 

Bagaimana cara membuat worksheet analisa satuan pekerjaan dalam satu kesatuan utuh, terhubung langsung dengan BQ dan RAB, sehingga memudahkan kita untuk melakukan koreksi cepat, juga dengan menggunakan fitur dropdown menu, sehingga lebih mudah dan cepat untuk mengubah jenis bahan, upah atau alat bantu. dan hasilnya langsung bisa kita lihat.

seperti yang saya buat ini:

Gambar

pada gambar di atas merupakan analisa satuan pekerjaannya.disana dijelaskan secara detail kebutuhan material/bahan, upah dan juga alat bantu. pada sheet-sheet terdapat database yang kita butuhkan untuk membuat analisa satua pekerjaan.

Gambar

Pada gambar kedua kita buatkan drop down menu pada setiap harga satuan pekerjaan, sehingga kita dapat mudah langsung memilih kebutuhan apa yang di perlukan. pada samping kanan adalah jumlah dari satuan harga kita bisa menggunakan vlook dan hlook dalam membuat rumusan sehingga begitu pada drop down menu kita pilih maka tentunya hasilnya akan berubah. sesuai data base yang kita buat.

Gambar

Pada gambar ini adalah setelah jadi dalam bentuk RAB, anda bisa lihat pada sisi kiri dan atas ada tanda plus itu adalah fungsi grup yang menutup analisa satuan pekerjaan yang kita buat. kalau suatu saat akan kita koreksi kita tinggal buka.

demikian kira-kira worksheet analisa satuan pekerjaan terintegrasi dengan BQ (Bill of Quantity) dan RAB (rencana anggaran biaya).

dengan banyaknya fungsi pada excel maka pekerjaan jadi lebih cepat dan mudah tak perlu banyak file yang bertebaran di hardisk anda yang bikin sakit kepala.

kalau anda kesulitan dalam membuat analisa satuan pekerjaan, BQ dan RAB. silahkan kontak ke saya. harga bisa nego dan saya yakin klien anda akan puas, begitu anda mempresetasikannya di hadapan klien anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s