cara menghitung kebutuhan besi


Dalam membuat RAB dalam pembangunan pasti tidak terlepas dari bahan yang satu ini yaitu besi beton, karena ini kebutuhan yang pertama kali diperlukan dalam setiap proyek pembangunan gedung. Karena saya kebetulan bekerja pada salah satu konsultan di jakarta, jadi ingin tahu juga kerjaannya QS yang berhubungan dengan struktur ini. Keingintahuan ini juga di karenakan kadang saya juga harus ikut nanganin pekerjaan struktur khususnya menghitung BQ dan RAB karena keterbatasan SDM padahal job Desk saya adalah tukang gambar (autocad) pada M/E. itupun saya juga full nanganin dari gambar perencanaan dengan enggineering plus ngitung BQ dan RABnya, apa nggak nyonyor saya? Karena alasan itulah saya harus buat metode kerja yang cepat tapi juga akurat, salah satunya memanfaatkan program Excel tentunya. ini salah satu worksheet menghitung kebutuhan besi beton pada kolom atau balokan.

 

Image

Tinggalkan Balasan

