Rumus menentukan koefisien harga satuan


setelah tulisan saya yang berjudul cara sederhana menentukan koefisien harga satuan, saya coba buat cara paling mudahnya, walaupun apa yang saya tulis belum di uji oleh pihak-pihak terkait atau para pakar, tentunya tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan.

Saya beranikan diri membuat rumus ini, karena tidak ada rumus pasti dalam menentukan koefisiean harga satuan, semua berdasarkan analisa yang di peroleh atas pengalaman-pengalaman.

yang tersulit atau yang paling berbeda dari kebanyakan kontraktor atau konsultan perencana dalam membuat RAB adalah besaran harga upah, ini dikarenakan banyak faktor diantaranya jenis perusahaan, karyawan atau tenaga kerja yang terlibat di dalamnya. semakin besar perusahaan biasanya koefisiennya akan semakin besar, padahal belum tentu kualitas pekerjaannya lebih baik. Sementara harga equipmen dengan spek yang sama tidak terlalu jauh berbeda. maka diperlukan analisa harga yang baik artinya relevan atau realis dengan tingkat perusahaan.

dalam rumus ini, yang paling menentukan besarannya adalah produktifitas kerja yang dapat dilakukan oleh seorang pekerja dalam menjalankan pekerjaannya. Satuannya adalah waktu (Hari, jam, menit, detik)  yang dibutuhkan seorang pekerja dalam mengerjakan pekerjaannya. dengan rumus ini yang diperlukan oleh seorang QS adalah menganalisa berapa lama waktu yang bisa dilakukan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya yang mengacu pada satuan volume.

berikut worksheet nya:

Demikian kira-kira rumus yang bisa saya berikan semoga bermanfaat buat para QS, sebagai acuan dari banyaknya acuan yang ada.

kalau anda butuh menyusun RAB silahkan anda bisa kontak saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s