sama dengan 0


Dalam menghitung Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP), yang perlu diperhatikan adalah Analisa Teknisnya, perlunya analisa teknis adalah untuk mengetahui seberapa cepat dan kapasitas produksi atau hasil yang didapat pekerja dalam satuan pekerjaan tertentu. Karena dari Analisa teknis akan diperoleh nilai kuantitas atau koefisien. Nilai koefisien ini akan berubah seiring dengan kecepatan dan kapasitas produksi atau hasil yang didapat oleh pekerja.
Berapapun banyaknya volume yang dikerjakan tidak mempengaruhi nilai kuantitas atau koefisien tadi, yang mempengaruhi adalah faktor waktu dan kapasitas hasil atau produksi dari pekerja. sehingga kalau di buat laba atau rugi maka nilainya akan NOL.
Yang membuat besarnya nilai anggaran (sebutlah) adalah karena waktu untuk memngerjakan satuan pekerjaan terlalu besar dan tidak masuk akal sehingga kapasitas produksi/hasil yang di peroleh semakin kecil maka nilai kuantitas/koefsiennya menjadi besar. sehingga membuat anggaran menjadi besar. Maka yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah Analisa Teknis satuan pekerjaan.
Pihak pemberi kerja harus mengetahui benar analisa teknis apakah nilai waktu dan kapasitas hasil (outputnya) wajar, dan pihak yang diberi kerja juga harus bersikap jujur untuk memberikan penjelasan secara menyeluruh tahapan dalam satuan teknis pekerjaan.
Walaupun banyak hal-hal diluar kendali, tapi secara teoritis sudah bisa dibuktikan. tinggal bagaimana implementasi dilapangan, sebaiknya jalan tengahnya adalah apabila ada kekurangan atau kelebihan dalam harga satuan pekerjaan adalah nilai produktifitasnya yang menjadi ukuran bukan nilai uangnya yang diperdebatkan karena tadi seperti yang saya sebutkan di atas bahwa selisihnya adalah NOL, karena pada dasarnya yang diberi tugas sudah mendapatkan fee yang besarnya sudah di sepakati bersama.

Salam Sukses!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s