penjernih air, plta dan pengangkat sampah


konsep dan perencanaan

dam/blok penjernih air kali/sungai untuk minum sekaligus penghasil listrik tenaga air dan pengangkat sampah, dibuat dalam satu rangkaian system yang dibuat dalam satu blok dengan struktur utama beton.

dimensi dapat disesuaikan dengan ukuran lebar kali atau sungai. blok atau dam ini dibuat precast, pemasangan pada tempatnya hanya pekerjaan menggali yang disesuaikan dengan ketinggian yang hendak di capai untuk mendapatkan tekanan yang pas.

Penjelasan :

1. Air sungai/kali menghantarkan banyak sampah kalau uang mending pemkot pasti untung. terutama di jakarta kesadaran akan lingkungan bersih ternyata hanya kita jumpai disekolah-sekolah atau kampus-kampus yang kerap kali mengadakan acara-acara go green, tapi setelahnya ……… kesalahan pendidikan atau memang tempat buang sampahnya yang tidak memadai, patut direnungkan buat para pejabat di lingkungan pemkot dan para pejabat yang menduduki departemen pendidikan dan para guru-guru dan juga para orangtua.

2. Sampah yang melewati dam akan terjaring pada grille pelat besi yang telah di pasang, sampah yang terjaring adalah sampah-sampah besar yang kasat mata kalau yang tidak kasat mata dibiarkan saja nanti juga akan terjaring pada pengolahan lanjut.

3. sampah-sampah yang tertangkap tangan akan langsung diangkat oleh kerekan, kemudian sampah-sampah tersebut di adili dan dipilah-pilah mana yang bisa di recycle ulang kalau yang tidak bisa bisa langsung di gantung atau dibakar saja.

4. Air sungai/kali yang sudah mendingan dan bebas dari sampah-sampah masyarakat tapi masih kotor dan belum layak dikonsumsi akan di olah pada bagian filter atau penyaring yang dibuat sealami mungkin tidak menggunakan bahan-bahan kimia atau dari luar yang kebanyakan merusak.

5. Setelah air sungai/kali lewat melalui filter/penahanan yang  ketat, kecuali penahananya/filetrnya jelek yang diisi para mafia-mafia maka air tetap tidak akan berubah, namun karena sesuai prosedur dan adil maka air kali/sungai sudah mengalami penjernihan yang significant, pada bagian ini air sungai/kali sudah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan mandi atau cuci-cuci piring, namun belum bisa dapat digunakan untuk minum, air minum harus memenuhi standar yang telah ditetapkan pihak berwenang yang memang bener-bener ahli di bidangnya, jangan percaya sama orang yang ngaku-ngaku ahli doang, tapi website aja nggak punya, padahal website salah satunya tempat untuk mengukur keahlian orang! nggak percaya! coba aja habis ini pasti orang bilang kalao saya ahli di bidang pengairan.

6. Kemudian air ini langsung didistribusikan dengan pompa melalui pipa-pipa menuju penyaringan lebih lanjut, yang sering dibahas di seminar-seminar atau bangku kuliahan atau kalau salesman datang menawarkan produk penjernih air.

7. Filter atau saringan perlu diperbaiki atau diganti, kalau memang sudah nggak layak menjabat, karena kalau masih terus menjabat akan sangat berbahaya bagi banyak orang, karena ini posisi yang strategis dan penting.

8. Air kali/sungai yang berlebih pada point 9, akan disalurkan melalui pipa, dengan perhitungan yang matang dengan rumusnya om bourneilli tentang tekanan mudah-mudahan menghasilkan tekanan yang cukup untuk menggerakkan turbin.

9. Turbin salah satu alat penggerak yang menghasilkan listrik, porosnya disatukan dengan kincir, kincir yang terkena tekanan air akan bergerak, kecuali tekanan politik pada system ini tentu tidak akan berpengaruh apa-apa.

repository handoko aji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s