e-transmit pada cad


Mengirimkan gambar dengan fasilitas e-transmit
Dalam bekerja dengan file-file AutoCAD, seringkali kita harus memberikan file-file kita pada desainer lain. Baik melalui floppy disk (ok, mungkin sudah tidak lagi), flash drive, CD, atau lewat email.
Kalau kita hanya bekerja hanya dengan satu file, mungkin tidak terlalu masalah. Akan lain ceritanya kalau kita bekerja dengan XREF, custom fonts, material untuk rendering, raster attachment, dan berbagai penggunaan ‘external file’ lainnya. Orang yang menerima file tidak dapat menggunakan file yang anda kirimkan.
Kadang-kadang XREF kita tidak ter-attach dengan benar karena pathnya berubah. Atau malah anda memang lupa mengirimkan filenya. Kadang-kadang rendering materialnya hilang. Font yang digunakan berbeda saat dicetak oleh rekan kita. Atau kadang kita kerepotan karena plot table yang digunakan berbeda dengan rekan kita.
Sebetulnya AutoCAD sudah lama memiliki fitur yang sangat mempermudah pengiriman file ini. Fitur ini disebut sebagai ‘transmittal package’ yang terakhir dikenal sebagai eTransmit. Cara menggunakannya juga mudah. Tinggal akses dari menu File>eTransmit… maka AutoCAD akan menampilkan daftar semua file external yang kita pakai. Sebagai bonus… File-file ini dapat dikompress dalam format ZIP atau EXE untuk dikirim via email. Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan DWG.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s