Gambar Komposit


Gambar komposit atau composite drawing atau Superimpossed drawing

Menurut Guru STM saya waktu saya masih bersekolah, bahwa Gambar merupakan matanya orang teknik, tanpa gambar orang teknik seperti orang buta. Bayangin sendiri deh kalau orang buta mengerjakan pekerjaan teknik, tentu hasil yang dicapai tidak akan baik apalagi sempurna. Bagi saya orang teknik mesin gambar mempunyai peranan yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kalau diteknik mesin mempunyai 0,00 mm untuk ukuran kepresisian.

Namun saya tidak akan membahas Gambar komposit atau composite drawing atau Superimpossed drawing pada ranah teknik mesin, karena Gambar komposit atau composite drawing atau Superimpossed drawing lebih banyak atau dominan pada area pekerjaan Arsitektur, Struktur, Mekanikal & elektrikal pada bangunan gedung.

Saya sangat terusik untuk menuliskan ini sekadar sharing pengalaman, Gambar komposit atau composite drawing atau Superimpossed drawing saya anggap sangat penting karena dengan menyepelekan hal ini sama saja membuang waktu, tenaga dan juga material, karena akan terjadi tambal sulam yang seharusnya tidak ada.

Gambar komposit atau composite drawing atau Superimpossed drawing, seharusnya sudah ada pada saat gambar kontruki (FORCON) muncul, jika Gambar komposit atau composite drawing atau Superimpossed drawing itu tidak muncul pada FORCON maka itu tidak bisa di sebut sebagai gambar FORCON dan itu kegagalan Perencanaan.

Shop Drawing yang dibuat oleh Kontraktor sebenarnya hanyalah pengulangan dari gambar FORCON, tapi bagaimana jadinya ketika gambar FORCON masih mentah seperti gambar FOR TENDER. Maka terjadi banyak miss pada saat pembuatan Shop Drawing, apalagi Kontraktor terdiri banyak Sub Kontraktor, sehingga diperlukan Koordinasi gambar, seharusnya memang tidak perlu lagi, karena sebenarnya dengan gambar FORCON pun Kontraktor sudah dapat mengerjakan pekerjaannya sesuai item pekerjaannya.

Ini pengalaman nyata saya di proyek bagaimana mungkin 2 bulan rapat koordinasi gambar tapi Approval Shop Drawing tidak ada sama sekali, sehingga dilapangan terjadi banyak bongkar pasang, satu dengan lainnya saling tabrakan.

Mungkin yang perlu di lakukan adalah:

  1. Sebelum mulai pekerjaan ada baiknya Koordianator yang di tunjuk harus Ahli dalam mengolah gambar.
  2. Periksa kembali gambar-gambar FORCON kembali secara keseluruhan apakah memang sudah memenuhi syarat gambar FORCON yang benar.
  3. Jangan terburu-buru karena mengejar target/progress, Shop drawing belum Appove sudah mengerjakan pekerjaan, syarat pekerjaan adalah Material Approved dan Shop Drawing Approved, jika belum salah satunya seharusnya anda tidak perlu merasa takut dipersalahkan, biasanya Supervisor/foreman yang sudah faham akan mempertanyakan itu sebelum mengerjakan pekerjaaan.

Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s